Bacaan Doa Qunut lengkap dengan tulisan latin

Doa qunut merupakan do'a yang dibacakan ketika berdiri setelah melakukan gerakan ruku' dalam shalat shubuh dengan inti bacaannya merangkum permohonan dan meminta ampunan kepada Allah SWT, pada artikel ini anda akan membaca:
Dalil Do'a Qunut
Bacaan Do'a Qunut Beserta Latinnya
Bacaan Do'a Qunut untuk Berjamaah

Dalil tentang Doa Qunut
Hadist riwayat Imam Ahmad dalam Musnad-nya dan Ishaq bin Rahuyah dalam Musnad-nya dari shahabat Anas.
مَا زَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ فِي الْفَجْرِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا
“Rasulallah selalu melakukan qunut pada shalat Shubuh hingga beliau wafat.”

Imam Muslim meriwayatkan dari al-Bara’ RA
إَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْنُتُ فِي الصُّبْحِ وَالْمَغْرِبِ
“Sesungguhnya Rasulallah melakukan qunut pada shalat Shubuh dan Maghrib.”


Bacaan Doa Qunut Beserta Latinnya
اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ ،فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allah hummah dinii fiiman hadait Wa'aa finii fiiman 'aafait Watawallanii fiiman tawal-laiit Wabaariklii fiimaa a'thait Waqinii syarramaa qadhait Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik Wainnahu laayadzilu man walait Walaa ya'izzu man 'aadait Tabaa rakta rabbanaa wata'aalait Falakalhamdu 'alaa maaqadhait Astaghfiruka wa'atuubu ilaik Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi Wasallam.
Ya Allah, berikanlah hamba petunjuk sebagaimana orang orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah hamba kesehatan seperti orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah hamba beserta mereka yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah terhadap segala apa yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan pada hamba. Dan peliharalah hamba dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena, sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum atau menentukan atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan. Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah engkau pastikan. Aku mohon ampun dan kembali (taubat) kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas nabi Muhammad beserta seluruh keluarganya dan serta sahabatnya.

Bacaan Doa Qunut untuk Berjamaah
Di atas merupakan do'a qunut untuk sendiri, dalam tabel dibawah ini disajikan cara baca untuk imam saat berjamaah dan ketika sendiri.
BERJAMAAH SENDIRI
Allah hummah dinaa fiiman haadait Allah hummah dinii fiiman haadait
Wa'aa finaa fiiman 'aafait Wa'aa finii fiiman 'aafait
Watawallanaa fiiman tawal-laiit Watawallanii fiiman tawal-laiit
Wabaariklanaa fiimaa a'thait Wabaariklii fiimaa a'thait
Waqinaa syarramaa qadhait Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik Wainnahu laayadzilu man walait Walaa ya'izzu man 'aadait Tabaa rakta rabbanaa wata'aalait Falakalhamdu 'alaa maaqadhait Astaghfiruka wa'atuubu ilaik Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi Wasallam Waqinii syarramaa qadhait Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik Wainnahu laayadzilu man walait Walaa ya'izzu man 'aadait Tabaa rakta rabbanaa wata'aalait Falakalhamdu 'alaa maaqadhait Astaghfiruka wa'atuubu ilaik Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi Wasallam

Demikian tentang bacaan doa qunut lengkap dengan tulisan latin, semoga bermanfaat dapat faedahnya.

0 Response to "Bacaan Doa Qunut lengkap dengan tulisan latin"

Posting Komentar